12 Poin Realme Narzo 50A Kelebihan dan Kekurangan, Yakin Mau Beli?

Realme Narzo 50A Kelebihan dan Kekurangan – Memilih sebuah Smartphone tidak jarang ibarat memilih pujaan hati untuk dijadikan sebagai pendamping hidup. Keputusan yang kamu buat bisa mendatangkan kebahagiaan atau justru sebaliknya.

Beberapa waktu yang lalu, Realme sempat merilis salah satu smartphone entry level terbaru, yaitu seri Narzo 50A. Perilisan tersebut tentunya memunculkan banyak spekulasi tentang Realme Narzo 50A kelebihan dan kekurangan.

Melihat perjalanan Realme dari waktu ke waktu, merek smartphone satu ini selalu memberikan inovasi dan kejutan yang mampu memuaskan para penggunanya. Namun dengan mempertimbangkan Realme Narzo 50A kelebihan dan kekurangan, apakah unit ini layak beli?

Agar dapat memberikan referensi pasti, maka pada kesempatan kali ini Niimdroid akan membahas tentang Realme Narzo 50A kelebihan dan kekurangan. Simak setiap poin pembahasan jika kamu ingin menjadikan Realme Narzo 50A sebagai daily driver.

Spesifikasi Lengkap Realme Narzo 50A

Sebelum masuk pada pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari smartphone satu ini, maka terlebih dahulu kita ulas sedikit tentang spesifikasinya. Meski tergolong sebagai HP entry level, Realme Narzo 50A memiliki jeroan yang cukup mumpuni.

Berikut rincian spesifikasi Realme Narzo 50A secara lengkap.

Nama UnitRealme Narzo 50A
ProsesorMediatek Helio G85
Kamera– Selfie Camera 8MP, f/2.0
– Main Camera 50MP, f/1,8
– Depth Censor 2MP
– Macro Lens 2MP
LayarIPS LCD 6,5 Inch HD+ (720 x 1600 piksel)
RAM4GB
Penyimpanan64GB & 128GB
Kapasitas Baterai6000mAh
Pengisian Daya18W Fast Charging

Realme Narzo 50A Kelebihan dan Kekurangan

Setelah melihat spesifikasi di atas, maka Niimdroid berhasil mengumpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Siapa tahu Realme Narzo 50A mampu memenuhi kebutuhan atau justru sebaliknya.

Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan berdasarkan penggunaan Realme Narzo 50A.

Kelebihan Realme Narzo 50A

1. Desain Unik

Desain Unik Realme Narzo 50A

Realme Narzo 50A memiliki desain unik yang tentunya akan membuat pengguna merasa betah apabila berlama-lama memandangnya. Satu hal yang mencuri perhatian dan menjadi poin kelebihan adalah sensor sidik jari menyatu dengan areal kamera hitam di bagian belakang.

Sentuhan garis diagonal juga masih disematkan pada bagian backdoor meskipun porsinya sudah tidak sebanyak pendahulunya, yaitu Realme Narzo 30A. Dibalut dengan 2 pilihan warna, yaitu Oxygen Blue dan Oxygen Green matte, Realme Narzo 50A semakin terlihat menawan.

Bahan yang digunakan masih mengadopsi bahan Polycarbonate atau plastik berkualitas. Kendati demikian, Realme Narzo 50A rasanya sangat kokoh dan tangguh saat digenggam. Tidak ada bunyi part atau komponen saat HP digoncang.

2. Tampilan Layar Berkualitas

Tampilan Layar Berkualitas Realme Narzo 50A

Layar Realme Narzo 50A menggunakan bentang IPS LCD screen seluas 6,5 Inci dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Sementara refresh rate yang diberikan cukup standar di angka 60Hz. Namun pengalaman scrolling media sosial dan website masih sangat memuaskan.

Apalagi penggunaan panel IPS mampu membuat kinerja lebih ringan sehingga smartphone mampu bekerja secara optimal. Mau digunakan untuk multitasking dan bermain game, Realme Narzo 50A siap mengatasinya.

3. Performa Impresif

Performa Impresif

Dibekali chipset Mediatek Helio G85, diluar dugaan ternyata Realme Narzo 50A mampu memaksimalkan performanya. Adapun seri Mediatek tersebut memiliki CPU dengan 8 inti, antara lain 2 Cortex A75 (2,0 GHz) sebagai penunjang performa dan 6 Cotex A55 (1,8 GHz) sebagai penunjang efisiensi daya.

Adapun GPU Mali-G52 MC2 (1GHz) yang mampu memproses tampilan grafis secara efektif. Alhasil, pengalaman saat membuka browser maupun bermain game dengan render map jadi lebih memuaskan.

Realme Narzo 50A masih mengadopsi proses fabrikasi 12nm yang terkenal cukup memakan daya demi meningkatkan performa. Hanya saja, Realme mampu mengatasi masalah tersebut dan membuat daya tahan baterai semakin mumpuni.

Apabila digunakan sebagai gadget gaming, Realme Narzo 50A masih cukup mumpuni mengatasi beberapa game. Menariknya lagi, seri ini mampu membuka game berat sekelas Genshin Impact dengan setelan Lowest 60 rata-rata menghasilkan 30 fps meskipun masih ada framedrop dan lag.

Lantas bagaimana penggunaan pada 2 (dua) game sejuta umat, yaitu Mobile Legend dan PUBG? Untuk Mobile Legend cenderung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Sementara PUBG juga cukup lancar dimainkan, tetapi ada satu kekurangan yang nanti akan kami bahas.

4. Kamera Memiliki Kualitas Megapiksel Tinggi

Kamera Memiliki Kualitas Megapiksel Tinggi

Realme Narzo 50A memiliki 4 set kamera di unit produksinya. Lokasi kamera antara lain, 1 dibagian depan sebagai kamera selfie. Sementara 3 lainnya ditempatkan di bagian belakang smartphone. Masing-masing kamera juga memiliki peran dan kelebihan masing-masing.

Kamera selfie dari Realme Narzo 50A memiliki ukuran 8MP, f/2.0 dengan kualitas perekaman hingga 1080p 60fps. Sementara 3 kamera lainnya merupakan kamera utama 50MP, f/1.8 dengan kualitas perekaman video hingga 1080p 30fps. Kemudian ada 2MP depth sensor dan 2MP lensa makro.

Meningkatnya kualitas kamera utama sebesar 50MP menjadi kelebihan tersendiri dibandingan dengan pendahulunya, yaitu Realme Narzo 30A. Namun belum ada stabilizer perekaman sehingga gocangan masih akan terasa saat merekam video.

5. Baterai Jumbo

Realme nampaknya sedang berusaha memuaskan para penggunanya dengan berbagai pengembangan di seri Narzo. Salah satunya adalah penggunaan baterai jumbo mencapai 6000mAh. Kapasitas baterai juga didukung chipset efisien sehingga unit sangat irit daya.

6. Sudah Fast Charging

Sudah Fast Charging

Realme Narzo 50A sudah memiliki fitur fast charging 18W sebagai tandem untuk mengisi baterai besarnya. Lantas berapa lama waktu pengisian dayanya? Sayanganya hal ini cukup menjadi poin kekurangan. Namun tersedianya fast charging lebih baik ketimbang tidak sama sekali.

7. Kelengkapan Port

Kelengkapan Port

Pada sektor port connectivity, Realme Narzo 50A terbilang cukup lengkap untuk sekelas smartphone entry level. Pasalnya terdapat port SIM Tray, USB Type-C 2.0, dan Headphone Jack Audio 3,5mm.

8. Responsivitas Sensor Jari

Sensor sidik jari cukup responsif saat digunakan. Jadi kamu tidak perlu khawatir apabila nantinya sedang buru-buru untuk menggunakan Realme Narzo 50A.

9. Support Wifi 5

Realme Narzo 50A memiliki dukungan WIFI 5 untuk kamu para pengguna HP dengan kebutuhan gaming, streaming, transfer file, dan masih banyak lainnya. Pasalnya jangkauan atau spektrum sinyal sangat luas sehingga mampu mengatasi penggunaan bandwidth besar.

10. SIM Tray Non Hybrid

SIM Tray Non Hybrid

Kelebihan lainnya dari Realme Narzo 50A adalah slot SIM Tray berjumlah 3 tempat, yaitu 2 untuk SIM Card dan 1 Micro SD up to 256GB. Jadi kamu bisa menggunakan memori penyimpanan eksternal tanpa harus mengorbankan SIM Card.

11. Tidak Terdapat Touch Delay

Apabila Realme sebelumnya dikenal sering mengalami Touch Delay (Keterlambatan respon layar saat disentuh), maka pada Realme Narzo 50A tidak ditemukan masalah tersebut.

Kekurangan Realme Narzo 50A

1. Bobot Masih Tergolong Berat

Penggunaan baterai jumbo berdampak pada meningkatnya bobot HP mencapai 270 gram. Bagi sebagian pengguna, mungkin bobot tersebut akan menjadi kekurangan apabila digenggam berlama-lama.

2. Belum Tersedia Sertifikat Tahan Air

Kami mencoba mencari berbagai sumber guna mencari sertifikasi tahan air di Realme Narzo 50A. Namun sayangnya sertifikasi tersebut absen sehingga menjadi kekurangan.

3. Tidak Tersedianya Lensa Ultrawide

Seperti pembahasan sebelumnya, set up kamera belakang Realme Narzo 50A cukup banyak. Sayangnya dari ketiga lensa tersebut, Realme tidak menyertakan lensa Ultrawide. Padahal lensa tersebut lebih berguna ketimbang 2 sensor Makro dan Dept Sensor.

4. Masih Menggunakan Speaker Mono

Pengalaman audio di smartphone Realme Narzo 50A nampaknya sedikit kurang memuaskan akibat penggunaan speaker mono pada unitnya. Padahal beberapa vendor lain sudah mulai menggalakkan stereo speaker pada unit entry levelnya.

5. Absennya Gyroscope (Giroskop)

Inilah salah satu poin kekurangan pada Realme Narzo 50A, yaitu absennya Gyroscope. Penggunaan harian mungkin akan terasa biasa saja. Namun bagi player PUBG, absennya fitur ini cukup menjadi masalah.

6. Ukuran Aplikasi Bawaan Sistem Cukup Besar

Pada unit dengan ukuran ROM 64GB, aplikasi bawaan HP sudah memakan setidaknya 22GB di ruang penyimpanan. Hal ini membuat pengguna kurang leluasa dalam menyimpan berkas atau aplikasi sehingga menjadi poin kekurangan.

7. Belum Support HDR 10

Kekurangan lainnnya adalah tidak tersedia format HDR 10 dan justru mengusung format L3. Penggunaan L3 membuat Realme Narzo 50A tidak dapat mengakses berbagai video dari penyedia layanan streaming, seperti Netflix.

Belum Support HDR 10

8. Haptic Feedback (Getaran Saat Mengetik) Kurang Nyaman

Getaran saat mengetik juga turut menjadi sorotan kekurangan. Alih-alih menjadi kelebihan, getaran pada tombol justru terasa kurang nyaman di permukaan jari.

9. Charging Cukup Memakan Waktu

Dampak lainnya dari kelebihan jumlah baterai adalah waktu charging yang cukup lama. Durasi pengisian baterai sebesar 6000mAh milik Realme Narzo 50A setidaknya membutuhkan waktu 2 jam 30 menit hingga penuh.

Akan tetapi masalah tersebut bisa teratasi berkat adanya efisiensi baterai sehingga pengguna tidak perlu kerepotan melakukan charging setiap saat.

10. Absennya Fitur Beautify

Kamera selfie milik Realme Narzo 50A akan jadi biasa saja saat digunakan memotret serta merekam video. Pasalnya fitur Beautify absen sehingga hasil gambar benar-benar diproses menggunakan kemampuan asli lensa.

11. Belum Tersedia NFC

Apabila smartphone lain berlomba-lomba menyematkan NFC sebagai daya tarik, maka lain cerita Realme Narzo 50A. Kendati penggunaan NFC kurang berpengaruh pada performa, absennya fitur tadi akan terasa apabila kamu sering bepergian melintasi jalan tol.

Apakah Realme Narzo 50A Layak Dibeli?

Setelah menimbang segala kelebihan dan kekurangan smartphone Realme ini, maka kami dapat menyimpulkan beberapa hal. Pastinya pertimbangan tersebut dapat membantu kamu dalam membuat keputusan.

Berikut alasan layak atau tidaknya Realme Narzo 50A untuk dibeli.

Narzo 50A Layak Beli Jika

  • Memiliki aktivitas lapangan seperti proyek, driver ojek online, dan lain sebagainya.
  • Jelajah sosial media dan multimedia cukup intens.
  • Bermain game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ringan, seperti Mobile Legend.
  • Membutuhkan ketahanan baterai sebagai prioritas.
  • Sering melakukan aktivitas yang jauh dari sumber listrik.
  • Memiliki budget atau dana terjangkau.

Narzo 50A Tidak Layak Beli Jika

  • Sering membuat konten sosial media maupun kanal berbagi video.
  • Bermain game FPS kompetitif, seperti PUBG.
  • Pengguna penyedia layanan streaming, seperti Netflix.
  • Berencana menginstal banyak aplikasi di ukuran ROM 64Gb.
  • Sangat bergantung pada NFC.

Kesimpulan

Ternyata banyak juga informasi penting mengenai Realme Narzo 50A yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli. Namun tetap semua keputusan akan kembali pada pengguna yang lebih mengerti tentang kebutuhannya.

Sekian pembahasan dari Niimdroid tentang Realme Narzo 50A. Kebetulan kami juga memiliki tips seputar Pengaturan Screenshot Xiaomi apabila kamu menggunakan unitnya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi rujukan dalam membeli sebuah smartphone.

Tinggalkan komentar